10 February 2008

CMS yang cocok untuk pemula

Setelah saya berkelana mencoba berbagai cms, diantaranya 4images,snews, cutenews, wordpress, drupal,endonesia cms, auracms,joomla, mambo,SMF. Bisa saya simpulkan (menurut pendapat pribadi saya) ; pilihan yang cocok untuk cms buat pemula :
1. Endonesia.com
2. Joomla dan atau Wordpress.
Dengan pertimbangan, Endonesia cms mudah diinstall dan simpel dalam penggunaannya. Joomla bagi yang suka bikin website komunitas. Sedangkan Wordpress bagi yang suka nge-blog.
Pertimbangan lain joomla banyak sekali free template-nya begitu juga wordpress, dan mudah sekali instalasinya.
Walaupun di Endonesia.com belum ada(?) variasi pilihan templatenya , tetapi dari template defaultnya udah lumayan dan bisa cukup mengganti background warna dan ukuran font-nya.Untuk auracms sudah ada free template-nya. Tetapi sayangnya masangnya mudah tapi masih ada eror dan cukup membingungkan bagi pemula. Untuk Snews CMS sebenarnya sudah ada free templatenya, tetapi masangnya juga masih susah bagi pemula.
Untuk cutenews cms, sebenarnya cukup cute, tetapi bagi pemula saya yakin agak ribet. Kalau yang suka bikin forum, SMF it's OK.Untuk Gallery Images, 4images lumayan mudah dalam peng-install-an. Oya, Coppermine belum sempat aku coba, tetapi kayaknya Ok juga.
So..., sesuaikan dengan kebutuhan kita.
*) catatan : untuk bisa meng-install cms diatas saya mencoba di localhost dan untuk Snews sudah sempat nyoba di free-web hosting,di sini.Sori hostingnya udah ditutup, saya disuruh pindah hosting cuman males. Terus terang saya belum terlalu bisa PHP, cuma dasar-dasarnya saja. Untuk masalah security, kita bisa nanya yang empunya CMS.
CMS.... ciapa takut?

2 comments:

Anonymous said...

blognya bagus ni
bisa ngasih gambaran lumayan gamblang tentang cms buat saya yang masih pemula

oia kan katanya dah mencoba macam" cms, kenapa gak bikin tutorial sendiri ajah trus di publish buat share ilmu

kalau ada bisa kirim ke email saya

yogi.bachtiar@googlemail.com

thanks sebelumnya

Tutarni said...

Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang diberikan, semoga dapat mencerdaskan bangsa terutama saya yang masih pemula. Sekali lagi terima kasih :)